Senin, 22 April 2019

PROFIL RIVAN NURMULKI, ANAK JAMBI YANG SUKSES DI SAMATOR


           Rivan Nurmulki, peraih MPV Proliga 2016 ini memang masih terbilang baru di kancah voli indonesia. Namun perjuangannya untuk bisa menjadi pemain profesional tidaklah mudah. Rivan harus jauh dari orangtuanya di Jambi, demi menimba ilmu di Surabaya samator yang jaraknya ribuan kilometer. Usahanya tak sia-sia, hasil selalu berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan.

       Awalnya Rivan tidak terlalu berminat pada voli. Namun, melihat tinggi badannya yang menjulang saat SMA. pada tahun 2012 saat usianya sudah menginjak 17 tahun, Rivan akhirnya mulai coba-coba bermain voli. Dan Rivan pun mulai tampil dalam berbagai turnamen di daerahnya Bangko, Jambi kala itu. Dari turnamen ke turnamen dan pertandingan, penampilannya semakin berkembang. Saat itu Rivan hanya mengandalkan kekuatan pukulan dan tinggi badan, sedangkan teori dasar voli belum ia kuasai betul.


Hingga akhirnya saat Rivan bermain di ajang Kapolda Cup jambi, bakat Rivan terpantau oleh pemandu bakat dari klub Surabaya Samator. Mereka tertarik mengajak bergabung Rivan karena melihat tinggi badannya yang ideal (194 cm) untuk pemain voli.

Nama besar Samator di olahraga voli nasional membuat Rivan tertarik untuk bergabung meskipun dia harus jauh dari orang tua. Pindah ke Samator, pemain kelahiran 16 Juli 1995 tersebut harus hijrah ke Sidoarjo yang merupakan markas Samator. Letaknya sangat jauh dari daerah asalnya, Jambi.

Gambar terkait

Rivan sangat senang berlatih dengan pemain Idolanya Ayip Rizal. Saat latihan dan pertandingan, Ayip banyak memberikan masukan kepada Rivan untuk memperbaiki kesalahan dan memberikan pengalamannya untuk Rivan. Sehingga dirinya makin bersemangat untuk berlatih dan meningkatkan performanya.

Kini, Usaha dan kerja keras Rivan membuahkan hasil yang manis. Pada ajang Proliga 2016 lalu, Rivan meraih penghargaan MVP (Most Valuabe Player).sifatnya yang agak sedikit pemalu membuat Panitia berulang kali memanggil namanya saat pemberian Penghargaan MVP. Bahkan, kawan-kawannya sampai harus menariknya ke podium untuk mengambil penghargaan tersebut.

Pada SEA Games 2015 Singapura tahun lalu, tim nasional bola voli Indonesia tidak melakukan seleksi bertahap pada sejumlah pemain seperti yang biasa dilakukan menjelang even besar sebelumnya. Seleksipun dilakukan hanya berdasarkan atas penampilan para pemain di ajang Proliga 2015 saja.


Pebola volly dari klub Surabaya bhayangkara Samator tersebut setidaknya menerima dua gelar pemain terbaik hingga pertengahan 2018.

Pada gelaran proliga 2018 yang berakhir pada minggu(15/04/2018) lalu,Rivan didaulat sebagai Most Vluable Player(MVP) proliga 2018.

berselang sebulan kemudian Rivan kembali mendapat gelar MVP saat memperkuat Timnas volly putra indonesia di gelaran piala LientVietPostBank2018.


Biodata Rivan Nurmulki :

Nama : Rivan Nurmulki
Tempat tanggal lahir : Bangko jambi 16 juli 1995
Klub : Surabaya Samator : 2013 – sekarang

Prestasi :

2014
Juara Proliga 2014
Juara Livoli 2014
Medali Perak Asean University Games
2015
Runner-up Proliga 2015
Runner-up Livoli 2015
Peringkat 9 Kejuaraan Asia U-23
Medali Perunggu SEA Games 2015

2016
Juara Proliga 2016
Spiker Terbaik Proliga 2016
Pemain Terbaik (MVP) Proliga 2016
Pemain terbaik (MVP) P 2017/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil dan Biodata "Rendy Tamamilang" secara Lengkap Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai biodata dan perjal...